Sabtu, 16 Mei 2015

Asal Lambang Zodiak

Saat ini, zodiak sudah tak asing lagi di telinga kita. Zodiak sudah sering kita dengar, baik dari segi ramalannya maupun asal-usulnya. Zodiak merupakan perwujudan rasi bintang, yang kemudian dijadikan bagian dari mitologi Yunani.

CAPRICORN (22 Desember-20 Januari)


Lambang Zodiak Capricorn adalah seekor kambing. Pada mitologi Yunani, kambing ini bernama Amaltheus. Amaltheus ini pernah memberi susunya pada dewa Zeus yang masih bayi di gua. Saat itu, Zeus disembunyikan ibunya dari mangsa ayahnya, Chronoos. Karena jasanya ini, Amaltheus diberkahi cahaya dan menjadi bintang.

AQUARIUS (21 Januari-19 Februari)


Zodiak Aquarius dilambangkan oleh sosok pemuda tampan yang sedang menuang air dari tempayan besar. Nama lelaki itu adalah Ganimedes, pelayan paling setia dewa Zeus. Tugas Ganimedes adalah membawa minuman dewa paling agung bangsa Yunani.

PISCES (20 Februari-20 Maret)


Pisces dilambangkan oleh dua ekor ikan yang berenang memutar. Kedua ekor ini diceritakan telah membawa Dewi Venus (dewi kecantikan) dan Dewa Mars (dewa perang) ke sungai Eufrat, karena saat itu mereka sedang dikejar Typhon.

ARIES (21 Maret-19 April)


Lambang zodiak Aries adalah sesosok domba. Domba ini berbulu emas. Menurut mitologi Yunani, domba ini dikorbankan pada dewa tertinggi sebagai persembahan. Dewa tertinggi tersebut, yakni Dewa Zeus, merasa senang atas persembahan yang diterimanya. Domba itu pun dijadikan bintang.

TAURUS (21 April-20 Mei)


Taurus berasal dari kata Taureau yang berarti sapi jantan. Maka, lambang zodiak ini adalah seekor sapi jantan. Sapi ini adalah jelmaan Dewa Zeus. Diceritakan bahwa Zeus menjelma menjadi sapi jantan untuk menculik seorang gadis cantik dari Eropa. Konon, Dewa Zeus menyukai wanita-wanita cantik.

GEMINI (21 Mei-21 Juni)


Zodiak Gemini dilambangkan oleh dua anak kembar. Anak kembar itu bernama Castor dan Polux. Mereka adalah putra dari Dewa Zeus.

CANCER (22 Juni-22 Juli)


Lambang zodiak Cancer adalah kepiting. Kepiting ini adalah jelmaan ular yang dikirimkan Yuno untuk melawan Hercules. Ular itu sangat beracun dan memiliki banyak kepala. Jika kepalanya ditebas, kepala yang baru akan tumbuh lagi. Akhirnya, Hercules membakar ular itu hingga ular itu mati. Ular itu pun dijadikan bintang.

LEO (23 Juli-23 Agustus)


Zodiak Leo dilambangkan oleh seekor singa. Singa ini adalah salah satu dari 12 tugas yang harus ditaklukkan Hercules. Singa ini merupakan salah satu yang paling ganas yang harus dilawan Hercules.

VIRGO (24 Agustus-22 September)


Lambang Zodiak Virgo adalah sosok perempuan cantik jelita. Putri itu adalah jelmaan putri Astrea. Saat itu, ia turun dari langit ke bumi. Rupanya, ia tak tahan dengan kejahatan dan penderitaan yang ada di bumi, sehingga dia memutuskan untuk tidak tinggal di bumi. Maka, ia kembali ke langit dan menjelma menjadi bintang.

LIBRA (23 September-23 Oktober)


Zodiak Libra dilambangkan oleh sebuah neraca atau timbangan. Karena itu, Libra adalah lambang keadilan. Sementara itu, putri yang menguasai keadilan bernama putri Justicia.

SCORPIO (24 Oktober-22 November)


Lambang Scorpio adalah seekor kalajengking. Diceritakan bahwa terdapat sebuah cinta segiempat antara Orion (pemuda tampan), Diana (dewi bulan), Venus (dewi kecantikan), dan Aurora (dewi fajar). Orion dicintai oleh tiga dewi sekaligus. Karena cemburu, Diana mengirim kalajengking pada Orion, yang menggigitnya sampai mati. Diana yang menyesal memohon pada Dewa Zeus untuk menjadikan Orion bintang.

SAGITARIUS (23 November-21 Desember)


Lambang zodiak Sagitarius adalah sesosok makhluk berbadan kuda dan berkepala manusia yang sedang memanah. Nama makhluk itu adalah Centaurus. Sesungguhnya, Centaurus adalah musuh manusia dan dewa. Namun, hal ini tak berlaku untuk salah satu Centaurus bernama Chyron. Ia adalah guru bagi dewa dan manusia yang mengajarkan cara bersenjata dan memanah dengan baik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar