Selasa, 01 Desember 2015

Apa Arti Warna Hidupmu?

Pelangi tak akan indah jika hanya terdiri dari satu warna~

Dunia ini tersusun oleh berjuta warna, berpadu dalam kesatuan alam semesta. Semua warna menyusun polanya masing-masing. Namun, pasti ada satu atau dua warna yang menurut kita lebih istimewa dari yang lainnya, mungkin karena sebab-sebab tertentu. Warna bukan hanya sekadar pantulan cahaya, namun juga dapat dijadikan pantulan hati dan kepribadian. 

Untuk itu, akan dijabarkan beberapa warna yang merepresentasikan sifat dominan dalam hidupmu. Lalu, apa warna kesukaanmu?


Putih (White)

Putih adalah warna yang murni dan bersih. Warna ini adalah warna yang melambangkan kejujuran dan keterbukaan. Artinya, penyuka warna ini memiliki sifat yang terbuka, jujur pada diri sendiri maupun orang lain. Putih bisa melambangkan awan yang bebas atau pun salju yang lembut. Bebas namun memiliki kelembutan hati, itulah sifat asli sang penyuka warna putih.

Putih juga merupakan gabungan dari warna-warna pelangi dalam komposisi yang seimbang. Maka, penyuka warna putih adalah orang yang mengedepankan keadilan dan tidak pilih kasih. Namun, berhati-hatilah, apa yang disebut keadilan bukanlah keadilan yang sebenarnya. Ikuti kata hatimu, karena hati yang akan menunjukkan kebenaran yang sesungguhnya.


Abu-Abu (Grey)

Abu-abu adalah warna yang maskulin, namun juga menunjukkan sifat yang gentle. Kamu memang memiliki watak yang tegas, namun kamu tidak akan tega melihat orang lain dalam keadaan sulit. Jika kamu adalah seorang wanita, kamu memiliki sifat yang tomboi. Teman-temanmu akan merasa aman jika berada di dekatmu karena auramu yang menenangkan.

Kamu adalah pembela kaum lemah, juga bersahabat pada siapa saja. Orang-orang senang berteman denganmu, juga karena sifatmu yang ramah dan tidak mengintimidasi. Tapi ingatlah, jangan sampai kamu diperdaya dan dimanfaatkan orang lain karena kebaikanmu dan rasa tidak tega yang memang sudah kamu miliki sejak lahir. 


Hitam (Black)

Hitam bukanlah warna kegelapan yang jahat dan mengerikan. Hitam adalah warna yang penuh misteri. Penyuka warna hitam terkadang terlihat biasa saja, namun di dalamnya menyimpan kemampuan dan potensi yang begitu besar. Tidak akan ada yang dapat mengira-ngira seberapa dalamnya kemampuan yang dimilikinya. Penyuka warna ini adalah orang yang giat, namun misterius. Ia jarang mengutarakan tujuannya sebelum mencapainya. 

Kamu yang menyukai warna hitam adalah orang yang pantang menyerah dan kuat menghadapi cobaan. Kamu akan terus tegar dan kuat, sampai titik darah penghabisan, sampai kamu mencapai tujuanmu. Pesan untukmu, jangan pernah menyerah dan merendahkan dirimu sendiri, karena takkan pernah ada yang tahu seberapa besar kekuatan yang kamu miliki sampai saat kamu membuktikannya. 


Merah Marun (Dark Red)

Merah marun atau merah gelap adalah warna misterius sekaligus berani. Kamu menyukai tantangan, namun juga berpikir tentang resikonya. Kamu sudah memikirkan tentang masa depan, karena kamu adalah orang yang konsisten dan terarah. Kamu fokus pada satu titik dan kemampuan konsentrasimu sangat bagus ketika diperlukan.

Untuk hal-hal yang kamu anggap penting, hal itu akan kamu fokuskan dan kamu perjuangkan. Kamu tak segan-segan melakukan sebisamu untuk meraihnya. Namun, jika resikonya terlalu besar dan tidak sebanding, kamu tahu saat kamu harus berhenti. Tapi, kamu harus juga melihat ke sekelilingmu, jangan hanya terfokus pada satu hal saja, sehingga hal-hal lain jadi tertinggal. 


Merah (Red)

Penyuka merah adalah orang yang ambisius dan berani menantang bahaya. Memiliki semangat tinggi adalah salah satu sifat penyuka merah. Kamu dapat memotivasi orang lain agar terus maju dan pantang menyerah. Kamu memiliki prinsip hidupmu sendiri yang tidak dapat diganggu gugat orang lain, dan hidupmu akan kamu perjuangkan untuk satu tujuan. 

Merah melambangkan api yang dengan berani berkobar-kobar. Layaknya pejuang negara, kamu tidak akan segan-segan untuk berdiri di garis depan ketika ada peperangan. Namun, jauh di dalam lubuk hatimu, kamu juga memiliki perasaan yang lembut dan penuh kasih. Hatimu hangat, dan kamu bisa menenangkan orang lain dengan saran dan nasihat yang kamu berikan kepada mereka. Ingatlah, setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Hargai mereka, karena mereka juga memiliki kebaikannya masing-masing.


Merah Muda (Pink)

Penyuka warna merah muda adalah orang yang lembut, setia, dan romantis. Kamu lebih mementingkan perasaan orang lain dibanding dirimu sendiri. Meskipun kamu memiliki keresahan dan masalahmu sendiri, kamu dengan pandainya menutupi perasaanmu. Hatimu rentan dan mudah tersinggung, karena perasaanmu begitu lembut seperti kapas.

Penyuka warna merah muda terkadang terlihat sebagai sosok yang lemah, namun sebenarnya kamu menyimpan kekuatan yang begitu besar. Meski dilukai berkali-kali, penyuka warna ini tetap tegar tanpa memperlihatkan luka yang sebenarnya. Kamu mungkin bisa tertawa bebas di lingkunganmu, karena kamu memang sosok yang lembut dan ramah. Namun, jujurlah pada dirimu sendiri, karena orang-orang di sekitarmu juga ingin mengenalmu. Mereka juga ingin membantumu melewati masalah yang kamu hadapi.


Cokelat (Brown)

Penyuka cokelat adalah sosok yang pengertian dan pemaaf. Mungkin ada beberapa yang menyembunyikan sifat ini dibalik sosok yang tegas atau periang. Tapi, tulusnya senyum penyuka warna cokelat memang mampu menenangkan orang lain. Penyuka warna cokelat jarang mengungkit-ungkit kesalahan orang lain, karena ia memang seorang pemaaf yang tulus dan bukan seorang pendendam.

Jika kamu adalah seorang penyuka warna cokelat, kamu pasti menyadari penuh bahwa manusia tak luput dari kesalahan. Dengan adanya kesalahan-kesalahan itulah, manusia dapat dikatakan makhluk yang sempurna. Namun ingatlah, jika kamu begitu mudahnya memaafkan, orang lain akan memanfaatkanmu dan kembali mengulangi kesalahan yang sama. Ada saatnya kamu harus memberi pengertian pada orang itu jika ia sudah mulai kelewatan.


Jingga (Orange)

Orang yang menyukai warna jingga atau orange adalah orang yang berjiwa sosial dan dermawan. Kamu senang berbagi dan merasa bahagia saat melihat senyum orang lain. Tidak heran jika kamu disukai oleh teman-temanmu, karena kamu adalah orang yang tulus dan ikhlas dalam membantu orang lain. 

Mungkin tidak sedikit penyuka warna jingga yang merasa bahwa semua orang di dunia sama baiknya dengan dirinya, karena memang ia tidak mudah curiga pada orang lain. Lugu dan suka membantu orang lain adalah ciri khas penyuka warna jingga. Namun, kamu harus ingat bahwa temanmu mungkin akan terus mencari keuntungan darimu. Pilihlah sahabat yang baik dan tulus, yang tidak akan memanfaatkan kebaikanmu semata. 


Kuning (Yellow)

Penyuka warna kuning adalah orang yang hemat dan teratur. Kamu pasti sudah menyiapkan dan menyimpan segala sesuatu untuk keperluan mendadak di masa yang akan datang. Penyuka warna kuning juga merupakan orang yang teliti dan memiliki ingatan yang bagus untuk hal-hal yang dianggap penting. 

Kamu adalah seorang pengatur keuangan yang baik karena kamu tidak mudah berfoya-foya dan mengeluarkan uang dengan semena-mena. Kebanyakan, penyuka warna kuning akan menjadi orang yang kaya dan memiliki disiplin yang tinggi. Namun ingatlah, jangan terlalu pelit dalam hal mengeluarkan uang. Setiap orang butuh istirahat dan refreshing, karena uang bukan segalanya.


Hijau (Green)

Penyuka warna hijau cenderung naturalis dan pecinta alam. Kamu menyukai alam bebas dan senang menjelajah, menikmati karya ciptaan Tuhan. Kamu adalah orang yang apa adanya dan blak-blakan, senang mengutarakan pendapat dan berdebat. Penyuka hijau adalah orang yang teliti dan telaten, karena memelihara alam bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Kamu menyukai udara bebas, namun tidak berarti membenci rumah. Kamu akan memilih untuk tinggal di alam yang masih bersih dan lapang, yang ditumbuhi pepohonan hijau dan hewan-hewan alam. Tapi, ingatlah bahwa bersosialisasi dengan orang lain juga penting dalam kehidupanmu.


Hijau Tosca (Turquoise)

Hijau tosca adalah warna yang tenang dan kalem (calm). Penyuka warna ini pun memiliki sifat yang tenang dan tidak mudah terbawa emosi. Ketika memecahkan suatu masalah, kamu akan berpikir dengan jernih dan dengan pikiran yang matang, sehingga saran darimu juga cenderung masuk akal dan bijaksana.

Sebagai perpaduan dari hijau yang pecinta alam dan biru yang pandai beradaptasi, kamu lahir sebagai sosok yang disegani, namun sederhana. Kamu tidak buru-buru dalam mengambil keputusan, dan memikirkan semua resiko dari tiap langkah yang akan diambil. Namun ingatlah, sikapmu yang tenang dapat terlihat sebagai sosok yang dingin. Lebih seringlah tertawa dan berbaur dengan teman-temanmu.


Biru Gelap (Dark Blue)

Biru gelap melambangkan misteri. Cara pandangmu yang berbelit-belit membuat kamu sulit dimengerti. Namun sesungguhnya, dibalik pemikiranmu itu, kamu adalah sosok yang rendah hati, dermawan, dan rela berkorban. Kamu adalah orang yang dapat dipercaya dan fokus dalam mengerjakan segala sesuatu.

Biru gelap juga menunjukkan sikapmu yang keren dan cool di mata orang lain, sehingga tidak jarang ada orang yang merasa nyaman berada di dekatmu. Namun, sesekali, jangan terlalu menyembunyikan dirimu yang sebenarnya. Kamu harus berusaha jujur dan menampakkan sedikit emosi dan perasaanmu pada diri sendiri maupun orang lain. Orang lain tidak akan mengerti jika kamu tidak mengutarakan apa yang kamu rasakan.


Biru (Blue)

Biru melambangkan laut yang luas dan menyimpan begitu banyak hal di dalamnya. Kamu bisa menyembunyikan perasaanmu di balik wajah datarmu, padahal hatimu sedang dilanda arus deras dan badai yang meraung-raung. Kamu hanya akan menunjukkan perasaanmu yang sejujurnya pada orang yang benar-benar kamu percaya, pada orang yang sangat dekat denganmu. 

Namun kamu juga pandai beradaptasi sesuai lingkunganmu. Kamu bisa bersikap dingin, namun juga bisa ceria dan berseri-seri. Seperti laut, mood-mu mudah berubah-ubah, dan semuanya nampak dari balik matamu, karena mata adalah jendela jiwa. Ingatlah, terkadang penting untuk menunjukkan perasaan senang dan sedihmu pada orang lain, agar mereka juga dapat membantu dan memberimu motivasi untuk melakukan yang terbaik.


Ungu (Purple)

Penyuka warna ungu adalah orang yang setia dan penyayang. Kamu akan melakukan atau menyukai suatu hal sampai akhir, karena kamu adalah orang yang keras kepala. Karena itulah kamu menjadi sosok yang setia, serta sulit melepaskan segala sesuatunya. 

Namun, di sisi lain, penyuka warna ungu juga seorang yang pendendam. Ia sulit melupakan sesuatu dan akan terus menyimpannya dalam hati rapat-rapat. Namun karena memiliki sifat penyayang, rasa dendam itu hanya disimpan dalam hati, dan sangat jarang ditampakkan ke luar. Pesan untukmu, jangan menyimpan dendam dalam hati. Belajarlah untuk memaafkan dan mengikhlaskan.


Emas (Gold)

Warna emas memang warna yang jarang di dengar dan bukan warna yang umum dipakai. Emas identik dengan perhiasan yang glamour dan terkesan serakah, namun sebenarnya tidak begitu. Penyuka warna emas adalah seseorang yang perfeksionis, serba sempurna. Kamu adalah orang yang teliti dan cekatan, dan menyukai penampilan yang rapi dan sopan.

Penyuka warna emas biasanya dijadikan teladan bagi teman-teman dan orang lain. Hal ini dikarenakan kamu memiliki tujuan yang jelas dan disiplin dalam mencapainya. Kamu tidak akan terpengaruh oleh hal-hal lain yang menghambat cita-citamu. Namun, kamu harus tahu bahwa tiap orang pasti memiliki kekurangan. Kamu harus bisa membalikkan kekurangan itu menjadi kelebihannya.


Perak (Silver)

Penyuka warna perak adalah orang yang percaya diri, namun juga perhatian pada orang-orang di sekitarnya. Kamu tidak mementingkan diri sendiri, sehingga orang-orang merasa ingin dekat denganmu. Ketika ada permasalahan, kamu akan meminta pendapat teman-temanmu dan tidak egois. 

Kamu juga adalah sosok yang rajin dan bijaksana, sehingga tak jarang penyuka warna perak ini menjadi pemimpin yang disegani orang. Kamu menerima setiap pendapat dan kritik yang diberikan orang kepadamu. Kamu juga dapat menerima kekalahan. Namun, ingatlah bahwa tidak semua kritik yang kamu terima disampaikan untuk kebaikanmu. Jangan sampai kamu jadi down karena terlalu meresapi segala kritik yang diberikan orang kepadamu.



Namun pada dasarnya, setiap manusia itu berbeda-beda dan istimewa. Kita juga tak bisa membuat semua orang menyukai cara kita. Lakukan apa yang harus kamu lakukan. Hiduplah dengan menjadi dirimu sendiri, life for who you are.


~

1 komentar: